71 Pengusaha Ikuti Seminar UMKM HIPO Bertema Cara Mudah Untuk Ekspor

  • Whatsapp
Sekjen Rumah UMKM DPP HIPO Pusat Triyanto saat menjadi pemateri di Seminar Cara Mudah Untuk Ekspor. (Foto: Ist)

Ia mengatakan tahapan menuju pasar ekspor tentu dimulai dari sekarang. Salah satunya dengan menyelenggarakan program seperti seminar Cara Mudah Untuk Ekspor yang digagas HIPO.

“HIPO mendorong pengusaha UMKM di Kepri, khususnya Batam dapat bersaing dan memasarkan produk unggulan ke luar negeri,” katanya.

Read More

Tri menyebut pengusaha yang mengikuti seminar ini sebenarnya sudah memiliki produk unggulan. Hanya kebanyakan dari mereka belum bisa ekspor produk dikarenakan terkendala legalitas.

Ia pun mengakui masih banyak persoalan yang harus dibenahi para pengusaha UMKM, standar kelayakan, kemasan (packaging) dan perizinan dan pasar ekspor.

“Kita akan bantu agar mereka (pengusaha (UMKM) sampai bisa ekspor produk. Untuk itu kita terus besinergi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk memudahkan para UMKM untuk ekspor,” katanya.

Tri mengatakan program seminar tersebut merupakan rangkaian dari Workshop HIPO Academy yang telah digelar sebelumnya se-provinsi di Indonesia.

“Program ini harus berkesinambungan dan akan kembali di selenggarakan. Intinya pelaku UMKM di Kepri nantinya sudah mampu memasarkan produk secara ekspor, karena ita ingin pengusaha UMKM segera naik kelas,” tutupnya.

Seminar dihadiri Perwakilan Dinas Penanaman Modal Perinzinan Terpadu Satu Pintu (DPM – PTSP) Syamsuadi, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Batam Efrianto, Direktur Eksekutif Kadin Kepri Wahyudi Kando. (Oscar)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *